My Writting

Friday, November 14, 2014

Joseph Stalin?

In this chance, I am going to write about Cold War. Um... surelly, I don’t really interest about this topic. But I have to write this now. You know why? Apalagi kalo bukan tugas sekolah. HAHA



Oke yasudah. For me, if you want to write something you must understand about what you want to write. So, the first thing I have to do is understanding about Cold War.
Wikipedia said that could war was a state of political and military tension after World War II between powers in the Western Bloc (the United States, its NATO allies and others) and powers in the Eastern Bloc(the Soviet Union and its allies in the Warsaw Pact). Tentunya, dalam perang ini banyak sekali tokoh-tokoh yang terlibat, kan? Tokoh yang saya ingin bahas adalah Joseph Stalin.

What you knows about Joseph Stalin?
He is a dictator? RIGHT!

Nama aslinya adalah Losif Vissarionovich Dzugashvili. Tapi dunia mengenalnya dengan nama Joseph Stalin. Dilahirkan tahun 1879 di kota Gori, Georgia di Kaukasus dan bahasa asalnya pun Georgia, yang jauh berbeda dengan bahasa Rusia. Bisa dikatakan bahwa Stalin adalah seorang yang “From Hero to Zero”. Dia dilahirkan dari keluarga yang tidak mampu, dan ayahnya adalah seorang pecandu berat yang suka memukuli anaknya. Pengalamannya berawal dari sebuah gereja, lalu ia bergabung dengan sebuah gerakan Marxisme. Singkatnya, akhirnya dia pun diangkat menjadi  Sekretaris Jendral Partai Komunis, dan akhirnya bisa menuju puncak kekuasaan menggantikan Lenin. Stalin berhasil menggalang kekuatan bersama Lev Kamenev dan Grigori Zinoviev, dua anggota penting politbiro, dan membentuk troika atau triumvirate. 

Kemudian dengan kekuasaannya, ia membunuh semua orang yang dianggap tidak sjalan dengannya. motif utama Stalin adalah membuka kemungkinan buatnya mendirikan satu kekuatan yang berdiri sendiri di dalam negeri. Ironisnya, justru pada saat hebat-hebatnya pembersihan inilah Stalin mengeluarkan konstitusi baru Uni Soviet yang disebut demokratis.
Politik Stalin selanjutnya adalah industrialisasi. Di politik ini, ia membuat suatu "Rencana Pembangunan Lima Tahun", dan ia pun sukses akan hal ini. Kemudian di bidang politik ekonomi, ia malah membunuh semua petani yang ada di Uni Soviet, atau paling tidak membiarkannya mati kelaparan. Pertanian Uni Soviet pun mengalami kemunduran.

Jelas, dari cerita yang saya kutip di atas, Stalin merupakan orang yang kejam. Penuh curiga dan sangat tegas. Tapi what I wonder is, there is a human like him! A human that can change a country, even the world! He stand alone without anyone behind him! I think its also a proof that “nothing is impossinble in this world!”. I am sure that everyone can do such that thing too. Tapi dalam hal positif ya, maksud saya. Bukan sebuah diktator sepertinya.

No comments:

Post a Comment